Facebook SDK

1. Nama Mata Kuliah                         :    Aplikasi Komputer
2. Kode / SKS                                    :    MAT332 / 3 SKS
3. Mata Kuliah Prasyarat & Kode      :    PIK (MAT305), Kalkulus Dif & Int. (MAT 306, 307), Aljabar Linier I (MAT 308)
4. Kompetensi Mata Kuliah               :    Mahasiswa dapat menggunakan program komputer yang sesuai untuk menye- lesaikan masalah-masalah matematika
5. Deskripsi Mata Kuliah                   :    Pengenalan program-program aplikasi komputer dan fungsinya, penggunaan komputer untuk perhitungan fungsi-fungsi matematika, penggunaan komputer untuk perhitungan matriks, penggunaan komputer untuk perhitungan kombinatorial, penggunaan komputer untuk menggambar grafik fungsi 2D dan 3D, penggunaan komputer untuk menggambar grafik fungsi kompleks, penggu- naan komputer untuk penyelesaian sistem persamaan linier, menyimpan hasil perhitungan, menyimpan grafik fungsi, penggunaan komputer untuk menghi- tung turunan dan integral, dan pengolahan dokumen dengan komputer.
6. Referensi                                        :

Wajib                             :  
A. Handout Aplikasi Komputer (dibagikan pada saat kuliah)
B. Petunjuk Praktikum Aplikasi Komputer dengan MATLAB (Sahid, 2002)

Anjuran                         :  
C. The Mathworks Inc, Using MATLAB Version 5, 1999
D. Tutorial Maple VR5.1 (http://www.math.uny.ac.id/~sahid/Maple/)

7. Jabaran Kegiatan Pembelajaran     :
Minggu
ke
Pokok Bahasan
Subpokok Bahasan
Kegiatan Pembela-
jaran
Referensi
1
Pengenalan program-program aplikasi komputer dan fung-
sinya
•  Jenis-jenis program aplikasi komputer
•  Penggunaan program aplikasi matematika
•  Cara menyimpan hasil kerja
Ceramah, demonstrasi, praktek, pemberian tu-
gas
A
2
Penggunaan komputer untuk
perhitungan fungsi-fungsi matematika
•  Perhitungan fungsi po- linomial, trgonometri, eksponen, dan logarit- ma, akar
•  Perhitungan fungsi kompleks
Ceramah, demonstrasi,
praktek, pemberian tu- gas
B, C, D
3 - 4
Penggunaan komputer untuk
perhitungan matriks dan pe- nyelesaian sistem persamaan linier
•  Cara mendefinisikan matriks
•  Aljabar matriks
•  determinan & invers matriks
•  penyelesaian SPL
Ceramah, demonstrasi,
praktek, pemberian tu- gas
B, C
5
Penggunaan komputer untuk
perhitungan kombinatorial
•  Nilai faktorial, permu- tasi, kombinasi
•  Bilangan prima, FPB, KPK, faktorisasi
•  Modulo
Ceramah, demonstrasi,
praktek, pemberian tu- gas
A, B, D
6 – 7
Penggunaan komputer untuk
menggambar grafik fungsi
2D dan 3D
•  Kurva bidang (2D)
•  Kurva permukaan (3D)
Ceramah, demonstrasi,
praktek, pemberian tu- gas
B, D
8
Ujian Sisipan I
9
Penggunaan komputer untuk
•  Grafik fungsi kom-
Ceramah, demonstrasi,
B, D

menggambar grafik fungsi
komplek
pleks
praktek, pemberian tu-
gas

10 - 11
Penggunaan komputer untuk
menghitung turunan dan inte- gral
•  Turunan Fungsi
•  Nilai turunan fungsi
•  Anti derivatif fungsi
•  Nilai integral tentu
Ceramah, demonstrasi,
praktek, pemberian tu- gas
B, D
12 - 15
Pengolahan dokumen dengan
komputer
•  Struktur dokumen
•  Pengaturan dan layout dokumen
•  Penggabungan hasil komputasi ke dalam dokumen
Ceramah, demonstrasi,
praktek, pemberian tu- gas
A
16
Ujian Sisipan II
8. Metode Penilaian
a. Ujian Sisipan                                  : 30% 
b. Ketrampilan Praktek Komputer     : 40% 
c. Ujian Utama (UAS)                        : 30% 

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama